Selasa, 25 Agustus 2009

TARI PENDET


INDONESIA negara yang sangat kaya akan berbagai kesenian dan budaya yang adiluhung
salah satu Tari dari suku bangsa bali yang terkenal adalah TARI PENDET Tarian ini merupakanterian untuk pemujan paradewa yang turun di alam dunia.tarian tersebut merupakan bentuk rasa sukur dan persebahan dalam bentuk gerak tarian, pada sang dewata

Dan kini TARI PENDET di aku oleh Malaysia.pemerintah kita seharusnya tak tinggal, diam
jujur di hatiku, dan di benaku, segala perasanku bercampur aduk, kenapa pemerintah kita selalu kecolongan .ini bukan hanya yang pertama kali terjadi apakah pemerintah kita tak memiliki rasa cinta kepada tanah air. ataukah hanya mementikan perut mereka masing masing .
kenapa pemerintahan kita dan kemana pemerintah kita, serta apa tidakan mereka di sat ini satu persatu aset budaya di kelim malaysia. bok, yao sekali sekali jangan hanya aset kita yang di colong. sekali kali kita yang nyolongnyang ada dalam benakku.
TARI PENDET pada perkembangannya zaman nya oleh seniman bali I Wayan Rindi sang pencipta dan koreografernya tarian ini megandung nilai kesakeralnya , religius yang amat dalam bagi masyarakat BALI.
seharusnya mulai sat ini pemerintah kita mebuat dan merencanakan solosi untuk melindungi aset budaya bangsa ini yang kaya akan nilai nilai kultur kebudayan yang adiluhung
Kelim TARI PENDET oleh Malaysia bukan yang pertama kali setelah mereka sebelumnya mekelim beberapa kebudayan bang sa ini perintah kita harus segera menidak tegas malaysia bila mereka di diamkan saja mereka akan terus terusan, bertidak semaunya . atau pemerintah kita mematenkan seni, budaya dan kerajinan kita yang telah di kelaim malaysia.
seni, budaya dan kerajinan tersebut yang telah di akui oleh malaysia kita kelaimkan bahwa seni budaya serta kerajinan telah kita hibahkan kepada malaysia.

Pemerintah harus bertindak tegas. ini baru beberapa asaet budaya dan kerajinan kita yang diabil malaysia dan secepatnya memetenkan seniseni budaya dan kerajinan berbagai suku bang sa yang ada dalam negara ini.kalau tak maudaset kebudayan yang adiluhung di serobot negara lain . pada sejarah yangaku degar kurang lebih pada tahun 1962 TARI PENDET di sajikan secara kolosal.untuk pebukan Asean Gemes.

Akan kah bangsa aini kehilangan jati dirinya dan degan mudahnya ,negara mengkilim seni budaya, kerajinan bangsa ini.
SebagaimanaTarian Tarian daerah yang lain merupakan perpaduan dan interaks masyarakat yang tertuangkan dalam seni .sebagai contoh kususnya TARI PENDET ini sifatnya feminin, karena menuntut gerakan-gerakan yang lemah gemulai seperti tarian Sangh yang Dedari, tari Rejang, Sutri dan tari Gabor. Tarian-tarian Bali yang dipentaskan untuk keperluan upacara keagamaan
Kecolongan budaya tersebut sebenarnya sebuah cermin atau refleksi. menilai kultur budaya kita , sebagai pemilik kebudayaan itu kita tidak memperhatikan Selama ini kebudayaan di pinggirkan. pemerintah dan masyarakat tak lagi peduli sebagai contoh kecil budaya kita yang di serobotang klung, reog Ponorogo, batik dan masi adayang lain . di benakku ,terselip disat masyarakat kita barusaja merayakan HUT RI Ke 64 TARI PENDET di kelim malaysia untuk sebuah iklan visit year Malang sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

InnocentYellSmileWinkCryCoolFrownKissLaughingSurprisedSealedEmbarassedMoney mouthTongue outFoot in mouthUndecided